Satgas Illegal Fishing Pantau Penegakan Hukum Di Pontianak

KKPNews-Pontianak. Tim Satgas Pemberantasan Illegal Unreported and Unregulated (IUU) Fishing saat ini tengah mengunjungi Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk memantau proses penegakan hukum dalam menangani kasus IUU Fishing di wilayah kerja Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak.

Di samping itu untuk memastikan bahwa pelaksanaan moratorium eks kapal asing yang diberlakukan sebagai kebijakan Menteri Susi Pujiastuti sejak November 2014 berjalan sesuai dengan harapan pemerintah.

Ketua Satgas Mas Achmad Santosa, mengutarakan bahwa penegakan hukum terhadap IUU Fishing diharapkan memenuhi tiga sasaran. “Pertama prosesnya berlangsung cepat dan efisien, kedua hukuman yang dijatuhkan mampu menumbuhkan efek gentar dan tiga mampu mengembalikan kerugian negara seoptimal mungkin,” ungkapnya saat mengunjungi Stasiun PSDKP di Sungai Rengas, Pontianak, Rabu (18/3).

Dalam laporannya kepada Tim Satgas, Kepala Stasiun PSDKP Pontianak Sumono mengatakan pihaknya sudah menangani 86 perkara perikanan sejak tahun 2010. Dari jumlah tersebut, 82 di antaranya sudah dilimpahkan ke kejaksaan, 75 diputus pengadilan negeri, dan 69 di antaranya sudah berkekuatan hukum tetap.

Puluhan kapal yang sudah ditangkap itu kini masih tertambat di tepi sungai rengas, tepatnya di Stasiun PSDKP Pontianak. Tim Satgas IUU Fishing yang dipimpin Mas Achmad Santosa dengan didampingi Inspektur Jenderal KKP Andha Fauzie Miraza menyambangi kapal-kapal tersebut.

Sejauh ini memang belum pernah ada yang dimusnahkan melalui eksekusi penenggelaman seperti di daerah lain. “Sebagian ada yang sudah berkekuatan hukum tetap, sebagian lagi di tingkat penyidikan”, kata Sumono kepada KKPNews.

Berdasarkan pantauan Tim Satgas, koordinasi antar penegak hukum di Pontianak dinilai masih kurang berjalan optimal. Hal ini dilihat dari kurang sinkronnya informasi terkait proses penanganan perkara perikanan, hingga lambannya proses eksekusi.

Selain melakukan pemantauan di Pontianak, Tim Satgas dan KKP juga akan mengunjungi daerah lain seperti Ambon dan Kepulauan Riau. (DS)

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.