Kunjungi Natuna, Menteri Susi Pantau SKPT dan Patroli Illegal Fishing

KKPNews, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melakukan perjalanan menggunakan helikopter dari Bandara Udara Ranai, Natuna, Kepulauan Riau menuju Pulau Bungaran, Kabupaten Natuna, yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, pada Minggu (6/8). Dalam perjalanan tersebut turut hadir Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Zulficar Mochtar, dan Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Agus Suherman. Kunjungan kali ini bertujuan untuk memantau beberapa titik Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Natuna, sekaligus melakukan patroli langsung kegiatan illegal fishing di wilayah tersebut.

Dari atas helikopter, 5 kapal ikan yang kira-kira berukuran 80 Gross Ton sedang melaju ke arah selatan Pulau Seluan. Sebanyak 4 dari kapal ikan itu memiliki bentuk dan dan ciri-ciri yang diketahui merupakan kapal ikan dari Pantura. Namun, 1 di antaranya diduga kapal ikan Thailand.

“Itu seperti kapal ikan Thailand. Bentuk Anjungan dan lunasnya mirip,” ungkap Menteri Susi. Akhirnya Menteri Susi meminta pilot untuk merendahkan dan mendekatkan helikopternya kepada kapal ikan tersebut. Ternyata benar kapal tersebut adalah kapal eks asing buatan Thailand. Namun, kapal tersebut berbendera Indonesia dan memiliki nama dengan tulisan Indonesia. Kapal tersebut segera diperiksa oleh jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ini adalah bentuk konsistensi pemerintah dalam memberantas praktik illegal fishing di perairan Indonesia. Meskipun jumlah kapal asing yang mencuri di lautan Indonesia jauh berkurang dalam 3 tahun belakangan, namun nyatanya pengawasan tetap dibutuhkan.

Dari dulu Laut Natuna sudah menjadi incaran kapal ikan asing ilegal, sebab Laut Natuna sangat kaya dengan ikan-ikan bernilai tinggi seperti kakap, kerapu, napoleon, dan sebagainya. Di Laut Natuna dulu marak terjadi praktik illegal fishing dan destructive fishing. Berkat konsistensi pemberantasan Illegal Unreported and Unregulated (IUU) Fishingkini nelayan lokal dapat menangkap ikan dengan mudah. (TC/AFN)

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.