Konferensi Pers Isu Cantrang Oleh Menteri Kelautan dan Perikanan

Doc Satgas 115 : Press conference Komandan Satgas 115 didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah serta pejabat tinggi KKP dan Satgas 115

Konferensi pers dilaksanakan di Jakarta Kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan RI Gedung Mina Bahari IV tanggal 04/05/2017 pukul 13.00 WIB, konferensi pers dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Komandan Satgas 115 beserta Gubernur Jawa Tengah didampingi oleh beberapa pejabat tinggi KKP dan Satgas 115, konferensi ini dilakukan untuk mengklarifikasi isu cantrang yang telah berkembang dalam beberapa waktu dekat ini. Sosialisasi kebijakan pelarangan cantrang sudah dilakukan sejak tahun 2009 diawali dengan dialog antara Dirjen Perikanan Tangkap dan Perwakilan Nelayan Kabupaten Rembang, Pati , Batang dan Tegal kemudian terakhir tanggal 31 maret 2017 dialog antara Dirjen Perikanan Tangkap, Wakil Ketua Komisi dan anggota Komisi IV DPR RI. Penyebaran cantrang di Pulau Jawa sudah melebihi kapasitas banyak para nelayan cantrang pulau Jawa yang beralih menangkap ikan ke daerah lain sehingga menimbulkan konflik horizontal para nelayan karena banyak juga nelayan di daerah yang menolak keberadaan cantrang.

Keberadaan cantrang saat ini sangat merugikan nelayan karena hasil penjualan dari tangkapan cantrang adalah ikan curah sehingga harga jualnya sangat rendah dibandingkan menggunakan alat tangkap seperti gill net. Banyak pengusaha nelayan dengan kapal >10GT sudah beralih tidak menggunakan cantrang dan beroperasi di laut Arafuru mendapatkan hasil yang lebih baik ketimbang menggunakan cantrang. Telah dibentuk kelompok kerja untuk melakukan pendekatan case to case pada nelayan. Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Komandan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal (Illegal Fishing) “Inti dari semua ini adalah recovery jumlah ikan sehingga jumlah ikan kembali banyak”

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.